Lebih dari sekadar kain, ulos adalah warisan budaya yang merangkum sejarah, adat istiadat, dan spiritualitas masyarakat Batak. Ribuan pengrajin ulos terus mempertahankan tradisi ini, membuktikan kekhasannya sebagai mahakarya budaya.
Sebagai simbol identitas, ulos ditemukan di semua subetnis Batak—Karo, Toba, Mandailing, Angkola, Pakpak, hingga Simalungun. Dalam bahasa Batak, "ulos" berarti kain selimut. Pada masa lalu, nenek moyang Batak yang hidup di pegunungan menggunakan ulos untuk melawan dingin sebagai sarung, selimut, atau selendang.
Namun, fungsi ulos tidak berhenti di situ. Kain ini berkembang menjadi bagian integral dari upacara adat, ritual keagamaan, dan kehidupan sosial masyarakat Batak. Setiap motif, warna, dan cara pemakaiannya menyimpan makna mendalam.
Dalam pernikahan, kelahiran, hingga kematian, ulos melambangkan doa, harapan, dan berkat. Ritual mangulosi—mengalungkan ulos ke pundak orang lain—menjadi simbol perlindungan dan kasih sayang.
Makna dan Keberagaman Jenis Ulos
Setiap jenis ulos memiliki fungsi spesifik. Misalnya, ulos bolean sunting dipakai dalam acara kematian, sementara ulos ragi hotang sering menjadi hadiah pengantin. Ada pula ulos ragi huting, yang digunakan para gadis dengan cara dililitkan di dada atau dikenakan oleh orang tua saat bepergian.
Perbedaan pandangan antar-subetnis Batak tentang ulos telah melahirkan variasi bentuk, ukuran, dan motif. Namun, persamaan utama tetap terletak pada teknik tenun tangan yang diwariskan secara turun-temurun. Proses pembuatannya tetap mempertahankan nilai tradisional meski kini diperkaya dengan inovasi.
Proses Produksi: Menjaga Nilai Otentik Ulos
Pembuatan ulos dimulai dari mamipis, yaitu proses memintal kapas menjadi benang menggunakan alat bernama sorha. Dahulu, proses ini melibatkan dua orang, tetapi setelah mengadopsi teknologi dari Jepang, pemintalan bisa dilakukan seorang diri.
Benang yang dihasilkan kemudian melalui proses pewarnaan. Pewarna alami seperti itom (hitam), manubar (merah), dan bahan dari dedaunan digunakan untuk menciptakan warna-warna khas ulos.
Meski pewarna sintetis kini lebih sering digunakan untuk mempercepat proses, pewarna alami tetap menjadi pilihan bagi mereka yang menginginkan keaslian.
Proses lain seperti unggasan—menggosok benang dengan lipatan ijuk—menambah daya tahan dan kecerahan warna. Setelah itu, benang diuntai menggunakan alat anian hingga akhirnya ditenun menjadi ulos oleh tonum (penenun). Sentuhan terakhir adalah pemasangan sirat, hiasan khas bermotif gorga yang memperindah ulos.
Nafas Kehidupan dan Ekspansi Global
Di Tapanuli Utara saja, lebih dari 3.000 pengrajin ulos terus menjaga tradisi ini. Sebagai pusaka adat, ulos tetap dibutuhkan dalam berbagai upacara adat Batak. Selain itu, ulos telah merambah pasar modern. Wisatawan kerap membawa ulos sebagai cenderamata, baik dalam bentuk kain asli maupun aksesoris seperti dompet, tas, dan pakaian.
Ulos juga menarik perhatian dunia seni dan fesyen. Banyak desainer menyisipkan aksen ulos pada gaun, blus, hingga celana jeans. Tidak jarang, kolektor seni membayar mahal untuk memiliki ulos autentik, yang kini menghiasi galeri-galeri internasional.
Dengan segala nilai budaya dan potensinya, tradisi mangulos tetap relevan di era modern, menyebarkan kehangatan budaya Batak ke seluruh penjuru dunia. Jadi, mengapa berhenti memintal cerita lewat benang ulos? Tradisi ini tidak hanya melestarikan seni, tetapi juga mempererat ikatan manusia dengan akar budaya mereka. [Benhil Online]