Mayor Teddy Gagal Dilantik Jadi Seskab, Ini Penjelasan dari Istana

Mayor (TNI) Teddy Indra Wijaya

Mayor (TNI) Teddy Indra Wijaya batal dilantik sebagai Sekretaris Kabinet (Seskab) oleh Menteri Pertahanan Prabowo Subianto di Istana Negara, Jakarta, pada Senin, 21 Oktober 2024. 

Pembatalan ini memicu spekulasi bahwa hal tersebut terkait dengan status Teddy yang masih aktif sebagai anggota TNI.

Sebelumnya, Prabowo telah mengumumkan bahwa Mayor Teddy akan diangkat sebagai Seskab pada hari Minggu 20 Oktober 2024.

 Namun, meskipun Teddy terlihat mendampingi Prabowo selama prosesi pelantikan, pada pukul 10.00 WIB, keputusan untuk melantik Teddy tidak jadi dilaksanakan.


"Saya belum tahu persis alasan di balik ini, karena saya baru saja dilantik. Belum ada arahan dari Presiden," ujar Kepala Kantor Komunikasi Presiden yang baru, Hasan Nasbi, kepada media usai pelantikannya.

Lebih lanjut, Hasan menjelaskan bahwa secara struktur, Sekretariat Kabinet nantinya akan berada di bawah Kementerian Sekretariat Negara (Kemensetneg).

"Kemungkinan besar nanti posisi Setkab akan ada di bawah Kemensetneg, atau Kementerian Sekretariat Negara," tambahnya.

Untuk saat ini, Mayor Teddy masih terdaftar sebagai perwira aktif TNI. Hasan menyatakan bahwa belum ada keputusan pasti apakah Teddy perlu mengundurkan diri dari militer terlebih dahulu sebelum bisa menempati posisi sebagai Seskab.


"Saya sendiri belum mendalami masalah ini lebih jauh. Mungkin besok bisa ada jawaban lebih jelas. Tapi saat ini saya belum bisa memastikan karena belum menerima arahan langsung dari Presiden. Maklum, saya baru saja dilantik hari ini. Jadi, mohon pertanyaannya jangan terlalu berat dulu ya, nanti akan ada penjelasan lebih lanjut," ucap Hasan sambil bercanda.

Dengan situasi yang belum sepenuhnya jelas, masih harus dilihat apakah ada solusi yang bisa diambil agar Mayor Teddy tetap bisa mengisi posisi Seskab tanpa harus mengundurkan diri dari statusnya sebagai anggota TNI. [Benhil Online]
Previous Post Next Post

Contact Form