Cara Jitu Ojol Gojek dan Grab Hadapi Customer Rewel dan Sulit

Ojol dan Customer

Setiap pekerjaan yang berhubungan dengan pelayanan pasti pernah menemui customer atau pemesan yang rewel dan sulit. Ini cara jitu ojol (ojek onlne) menghadapinya.

Ojol, baik itu Gojek, Grab, Maxim, ShopeeFood, dan lain-lain, adalah layanan transportasi berbasis aplikasi. Sebagai sebuah layanan, para driver ojol pasti pernah menemui pemesan yang sikapnya menjengkelkan.

Situs berita Benhil mengumpulkan dari berbagai sumber tentang ciri-ciri penumpang yang rewel dan sulit, yaitu:

1. Minta diantar ke tujuan dengan cepat alias ngebut.

2. Titik jemput dan titik antar tidak sesuai dengan peta di aplikasi, tanpa pemberitahuan.

3. Customer tidak ada di titik jemput atau ojol harus menunggu lama.

4. Membatalkan pesanan saat ojol sedang di perjalanan untuk menjemput penumpang, dan masih banyak lagi.

Namun sebagai mitra yang perlu tetap menjaga performa, para ojol perlu menghadapi pemesan 'spesial' itu dengan tetap ikhlas dan lapang dada. Kalau seorang ojol hilang kesabaran dan membalas customer itu dengan balasan setimpal, kemungkinan besar dia akan mendapat komplain.

Komplain dari pemesan bisa berupa bintang 1 atau laporan pada pengelola aplikasi. Resiko komplain seperti itu tidak main-main, ojol tersebut bisa dicabut kemitraannya atau istilahnya mendapat suspend permanen.

Suspend permanen menjadi momok yang paling ditakutkan oleh para ojol (terutama yang fokus pada pekerjaan itu) karena dengan begitu dia sudah tidak bisa lagi menjadi driver dari perusahaan itu untuk selamanya. 

Misalnya seorang driver Gojek yang sudah kena suspend permanen, maka selamanya dia tidak bisa mendaftar menjadi ojol Gojek lagi. Namun masih bisa menjadi ojol lain, seperti Grab atau Maxim.

Padahal bisa jadi yang menjadi sebab musababnya karena ojol itu terpancing dengan provokasi yang dilakukan oleh pemesan sulit itu.

Jadi tidak ada pilihan lain bagi para ojol yang kebetulan sedang apes mendapat pemesan 'spesial', mereka perlu menghadapi dengan lebih sabar dan telaten.

Hibur Diri

Lantas bagaimana setelah berusaha menyabarkan diri menghadapi pemesan rewel dan sulit? Cara yang paling mujarab untuk melupakan pengalaman apes itu adalah berusaha melupakan kejadian itu dengan menghibur diri.

Menghibur diri untuk menghilangkan kepenatan setelah melayani pelanggan yang menjengkelkan sebenarnya tidak mahal, atau dengan kata lain, tergantung tempat yang kita tuju. 

Caranya adalah Anda perlu datang ke sebuah kafe atau restoran atau hotel. Dari pertama Anda melangkahkan kaki ke tempat itu akan mendapat sapaan ramah dari pramusaji atau petugas hotel.

Lalu Anda bisa langsung memilih meja yang menjadi tempat Anda untuk memesan. Kalau di hotel, Anda bisa langsung menuju ke restoran hotel.

Di sana Anda bisa memesan teh atau kopi dan juga makanan ringan untuk dilahap sembari menyesap minuman hangat tersebut.

Tidak berapa lama, pramusaji yang ramah akan mengantar pesanan Anda dengan sopan, dan Anda langsung bisa menikmatinya.

Rasakan dan nikmati dengan pelan kehangatan makanan dan minuman itu masuk ke tubuh Anda. Sensasi memanjakan diri Anda dengan hidangan dan keramahan di tempat makan tersebut akan langsung membuat Anda melupakan customer menjengkelkan.

Bahkan situasi tersebut mampu membuat Anda melupakan sejenak segala kerumitan hidup dan permasalahan di dunia ini.

Setelah memanjakan diri dengan minuman dan hidangan yang harga mulai Rp 20.000,- itu, Anda akan merasa ringan dan siap melayani pesanan lewat aplikasi lagi.

Semoga bisa bermanfaat dan selalu jaga keselamatan. [Benhil]



Surga Tropis

Tropics Paradise is a collection of writings and papers presented at, from, and to the tropics. Actually, the tropics is a place that comfortable, warm, and affluent. But the situation goes undermined by the real interests that not coming from the tropics itself, such as politics, ideology, lifestyle, and others. So for that matters, Tropical Paradise wants to restore a beautiful sense of the area.

Previous Post Next Post

Contact Form