Perbedaan Musisi Tampil di Kafe, Hall, Arena, dan Stadion, serta Contohnya

U2

Saat musisi tampil akan selalu ada perbedaan tempat mereka tampil, baik itu di kafe, hall, arena, dan stadion. Ternyata siapa saja musisi yang bisa tampil di setiap tempat tersebut harus dibedakan.

Ketika musisi menunjukan kemampuan mereka di suatu tempat atau istilah umumnya disebut ngamen, maka akan disediakan tempat sesuai kapasitas penonton yang akan menyaksikan aksi panggung mereka.

Besarnya animo penonton yang bakal menonton pertunjukan musik bisa dilihat dari seberapa banyak album musisi itu terjual atau seberapa sering lagunya diputar di radio di kotas tersebut. Selain itu juga dari penjualan tiket pertunjukan.

Dari hasil itu akan terlihat berapa kira-kira penonton akan melihat pertunjukan itu, untuk kemudian penyelenggara atau promotor menyiapkan tempat pertunjukan yang disesuaikan dengan jumlah penonton.

Berikut ini Benhil mengumpulkan dari berbagai sumber, kenapa dan siapa musisi yang tampil di tempat pertunjukan berbeda, yaitu;

1. Kafe

Musisi yang tampil di kafe (tempat minum kalau di negara Barat disebut bar) adalah musisi baru dan musisi yang memainkan lagu yang sedang populer dari musisi lain. Jika musisi tersebut bisa membuat lagu yang populer maka akan dikontrak oleh perusahaan rekaman. Jika tidak, mereka akan tetap main di kafe sebagai home band.

BB King

Di negara-negara Barat (Eropa, Amerika Serikat/AS, dan Australia) musisi kafe tetap mendapat penghasilan yang layak dan bisa menggantungkan hidup dari pekerjaan tersebut.

Salah satu contoh yang tampil dari kafe ke kafe adalah musisi blues B.B. King. Meski namanya sudah cukup dikenal, gitaris kulit hitam itu tidak memiliki rekaman yang nge-hits.

2. Hall

Hall adalah gedung serba guna yang biasanya dipakai untuk acara pernikahan. Musisi yang tampil di hall biasanya adalah musisi yang baru saja mengeluarkan satu album dan paling tidak punya 1 lagu andalan.

Debbie Gibson

Contoh musisi yang pernah tampil di hall adalah Debbie Gibson, dan Tina Arena.

3. Arena

Korn

Arena adalah gedung tertutup yang digunakan untuk olah raga tinju, basket, dan tentu saja pertunjukan musik skala menengah. Musisi yang tampil di arena adalah yang punya album lumayan sukses dan punya beberapa lagu andalan yang disukai penggemar musik.

Beberapa musisi yang tampil di arena adalah Korn, Blink 182, John Mayer, dan lain-lain.

4. Stadion

Musisi yang bisa dan harus tampil di arena adalah yang album-nya sukses besar dan punya banyak lagu hits yang sering diputar di radio-radio, serta punya banyak penggemar fanatik. Biasanya penampilan di stadion itu sebagai rangkaian promosi album mereka yang baru saja dilepas di pasaran.

Coldplay

Musisi yang penampilannya membutuhkan stadion besar adalah U2, Coldplay, The Rolling Stones, Bon Jovi, Metallica, Guns N' Roses, dan lain-lain.

Meski begitu, ada juga musisi yang pernah tampil di stadion tapi turun ke arena karena popularitasnya menurun atau penjualan albumnya kurang laku, seperti Limb Bizkit dan Deep Purple. Bahkan ada musisi besar yang cukup tampil di hall karena sudah tidak dikenal lagi, seperti Europe dan Richard Marx.

The Rolling Stones

Namun ada juga musisi yang membutuhkan tempat yang lebih luas daripada stadion, seperti The Rolling Stones saat tampil di Pantai Copacabana di Rio De Janeiro, Brasil pada 2006 yang ditonton 1,5 juta orang. Meski konser tersebut gratis, tapi band Inggris angkatan 1960'an itu mendapat pemasukan dari hotel-hotel di sekitar konser berlangsung.

Musik masih merupakan bisnis menguntungkan di negara Barat sehingga banyak anak muda anak muda di sana yang ingin menjadi musisi. [Benhil]

Surga Tropis

Tropics Paradise is a collection of writings and papers presented at, from, and to the tropics. Actually, the tropics is a place that comfortable, warm, and affluent. But the situation goes undermined by the real interests that not coming from the tropics itself, such as politics, ideology, lifestyle, and others. So for that matters, Tropical Paradise wants to restore a beautiful sense of the area.

Previous Post Next Post

Contact Form