Arab Saudi Bangun Bioskop Dekat Ka'bah, Padahal Basalamah Bilang Nonton Film Haram

Dekat Ka'bah

Pemerintah Arab Saudi kembali membuat kontroversi dengan rencana membangun gedung bioskop di dekat Ka'bah. Padahal Khalid Basalamah pernah menyatakan kalau hukum menonton bioskop itu haram.

Tidak hanya di dekat Ka'bah, Pemerintah Kerajaan yang dipimpin putra mahkota Mohammed Bin Salman (MBS) itu juga membangun bioskop di dekat situs suci umat Islam yang lain di negara itu, yakni Masjidil Haram.

Melansir dari New Arab pada Kamis, 29 Agustus 2024, wacana pembangunan gedung hiburan visual itu merupakan bagian dari smart Makkah yang tujuannya untuk mengintegrasikan fasilitas hiburan modern ke dalam kota sambil mematuhi makna keagamaannya. 

Baca Juga: Mengerikan, Guru Mengajar Ngaji Anak-Anak Sambil Membawa Pedang

Penanggung jawab proyek itu adalah Saudi Entertainment Ventures (Seven), anak perusahaan dari Dana Investasi Publik (PIF). Tahun lalu, Seveb telah menggelontorkan dana sekitar Rp38,4 triliun guna proyek hiburan di seluruh Kerajaan itu yang luasnya 80.000 meter persegi.

Pembangunan bioskop di Arab Saudi itu menjadi salah satu tolak ukur perubahan budaya secara modern di negara itu. Sebelumnya, Pemerintah di sana melarang bioskop Selama 40 tahun.

Atas inisiatif Visi 2030 dari MBS guna memodernisasi ekonomi dan membuka masyarakat Saudi, maka larangan bioskop dicabut.

Saat ini keberadaan gedung bioskop menjamur di seluruh wilayah Kerajaan itu.

Jadi Perdebatan

Nyatanya wacana pembangunan bioskop yang menjadi bagian proyek hiburan besar di Mekkah itu selalu tidak berjalan dan menjadi perdebatan terutama di media sosial.

Beberapa orang atau netizen memuji pembangunan itu sebagai langkah nyata dari Visi 2030 Arab Saudi. Sebagian mengkritik proyek itu dengan khawatir mengurangi kesakralan tempat-tempat suci di Makkah. 

Namun perdebatan itu tidak menggoyahkan langkah pemerintah Saudi dengan menyatakan kalau pembangunan baru itu tidak membahayakan kesucian Makkah. 

Film Haram

Langkah Arab Saudi sebagai pusat agama Islam yang membangun gedung bioskop di dekat Ka'bah tentu membuat bingung umat yang tinggal di negara lain. Apalagi salah satu penceramah agama menyatakan kalau hukum menonton bioskop adalagi haram.

Khalid Basalamah

Pada Minggu, 15 Mei 2022, Penceramah Khalid Basalamah menjawab pertanyaan dari salah satu peserta tentang bagaimana hukum menonton bioskop. Jawaban Basalamah seperti di atas.

Alasannya, menurut Khalid Basalamah, adalah karena terdapat unsur-unsur yang dilarang Islam, yaitu pria dan wanita yang bukan muhrim berada dalam satu tempat. [Benhil]

Surga Tropis

Tropics Paradise is a collection of writings and papers presented at, from, and to the tropics. Actually, the tropics is a place that comfortable, warm, and affluent. But the situation goes undermined by the real interests that not coming from the tropics itself, such as politics, ideology, lifestyle, and others. So for that matters, Tropical Paradise wants to restore a beautiful sense of the area.

Previous Post Next Post

Contact Form