Seorang Ibu di Indramayu Melahirkan Bayi Kembar Lima

Bayi kembar lima

Nuraeni (32), warga Desa Bodas, Kecamatan Tukdana, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat, tengah berbahagia setelah melahirkan lima bayi kembar sekaligus. 

Kelima bayi tersebut lahir dalam kondisi sehat pada Minggu (8/7/2024) di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Indramayu melalui operasi caesar.

Empat di antaranya berjenis kelamin perempuan, sedangkan satu bayi lainnya laki-laki.

Direktur RSUD Indramayu, Deden Bonny Koswara, mengungkapkan bahwa Nuraeni merupakan pasien rujukan dari Puskesmas Kerticala yang tiba di RSUD Indramayu pada pukul 15.00 WIB bersama bidan pendamping.


"Setelah dilakukan pemeriksaan dan USG, ditemukan ada empat bayi dalam kandungannya," ujar Deden saat ditemui di RSUD Indramayu, Senin (9/7/2024).

Pada pukul 15.30 WIB, ketuban Nuraeni pecah, dan tim medis memutuskan untuk segera melakukan operasi caesar. Prosedur operasi dimulai pukul 18.44 WIB dan selesai pada pukul 19.45 WIB.

"Alhamdulillah, hasilnya lima bayi berhasil kami selamatkan," ungkap Deden.

Kelima bayi tersebut lahir dalam kondisi prematur dengan berat kurang dari 2.500 gram.

"Bayi pertama hingga keempat berjenis kelamin perempuan, dengan berat bervariasi antara 1.250 gram hingga 1.990 gram. Bayi kelima berjenis kelamin laki-laki dengan berat 1.900 gram," jelasnya.


Saat ini, Nuraeni dan kelima bayinya masih menjalani masa pemulihan dan dalam pengawasan tim medis.

"Karena prematur, mereka ditempatkan di inkubator. Kondisinya secara umum baik, semuanya sehat dan dalam pengawasan tim medis kami," tambah Deden.

Fenomena kelahiran bayi kembar lima ini merupakan yang pertama kali terjadi di Indramayu.

"Pada saat pembuahan, sel telur membelah menjadi lima. Kejadian ini sangat jarang terjadi, dan ini baru pertama kali di Indramayu," terang Deden.

Deden juga menambahkan bahwa biaya persalinan ini ditanggung oleh BPJS yang dibiayai oleh pemerintah Kabupaten Indramayu. "Alhamdulillah proses persalinan ini ditanggung oleh BPJS," imbuhnya. [Benhil Online]
Previous Post Next Post

Contact Form