DPC Demokrat Cirebon Adakan Fit and Proper Test, Evaluasi Kesiapan Calon Kepala Daerah

Partai Demokrat

Delapan dari sebelas calon kepala daerah yang mendaftar mengikuti Fit and Proper Test di kantor DPC Partai Demokrat Kabupaten Cirebon.

Pelaksana tugas Ketua DPC Partai Demokrat Kabupaten Cirebon, dr. Ratnawati, menyatakan bahwa Fit and Proper Test ini dilakukan untuk menilai kesiapan para calon dalam mengikuti Pilkada serentak 2024.

"Kami di DPC ingin memastikan bahwa para calon tidak harus menunggu terlalu lama setelah mendaftar. Kami telah membuka pendaftaran sejak 4 April hingga 30 April 2024," ujar dr. Ratnawati pada Rabu, 19 Juni 2024.

Dokter Ratnawati juga menyebutkan bahwa ada 10 pendaftar yang mengambil formulir dari Partai Demokrat dan mengembalikannya.


"Partai Demokrat sudah diminta untuk segera menyelesaikan proses ini, karena surat tugas terakhir akan dikeluarkan pada 25 Juni 2024," ungkapnya.

Oleh karena itu, lanjut dr. Ratnawati, DPC menganggap perlu dan penting untuk mengadakan Fit and Proper Test pada hari ini.

"Salah satu tujuan dari penerbitan surat tugas adalah agar para calon bisa berkoalisi dengan partai lain. Kami juga menjalin koalisi baru dengan bergabungnya PKB, sehingga kami memiliki 27 kursi di DPRD Kabupaten Cirebon atau sekitar 54 persen," tambahnya.

Sementara itu, Sekretaris Jenderal DPD Partai Demokrat Jawa Barat, M. Handarujati Kalamullah, menambahkan bahwa Fit and Proper Test ini merupakan bagian dari rangkaian persiapan Pilkada di seluruh wilayah.


"Fit and Proper Test ini dilakukan untuk mengetahui rancangan visi dan misi para calon kepala daerah. Partai Demokrat harus memahami visi dan misi serta konsep pembangunan yang diusulkan para calon untuk Kabupaten Cirebon," katanya.

Selain itu, Handaru menyatakan bahwa Fit and Proper Test juga bertujuan untuk mengukur tingkat keseriusan para calon dalam mengikuti Pilkada.

"Ini sangat penting. Dari 10 calon yang mengambil formulir, jumlah ini adalah yang terbanyak di Provinsi Jawa Barat, dan progres ini akan disampaikan ke DPP," ujarnya.

Menurut Handaru, DPD sudah menerbitkan 20 surat tugas di 15 kota dan kabupaten di Jawa Barat.

"Kami berharap Kabupaten Cirebon bisa segera menyusul, karena DPP mengarahkan agar proses surat tugas ini selesai pada 25 Juni, sehingga para calon dapat segera diusulkan melalui rekomendasi DPD Partai Demokrat," jelasnya.

Partai Demokrat bertekad tidak hanya sebagai pengusung, tetapi juga maju dan menang dalam Pilkada ini. [Benhil Online]
Previous Post Next Post

Contact Form