5 Jenis Perkutut Langka yang Mampu Membawa Rezeki

Burung perkutut


Bagi pecinta burung, perkutut adalah salah satu peliharaan yang sangat populer. Selain pesonanya, burung ini juga kaya akan mitos yang dipercaya oleh masyarakat Jawa. 

Kali ini, kita akan mengulas beberapa jenis perkutut langka yang dipercaya bisa mendatangkan rezeki bagi pemiliknya.

1. Perkutut Daringan

Perkutut daringan terkenal karena keindahannya. Bulu burung ini dihiasi garis-garis yang unik, kecuali pada bagian kepalanya. Mitosnya, jika garis-garis pada tubuh perkutut daringan tidak terputus, itu adalah tanda rezeki yang tidak akan habis hingga tujuh turunan. 

Bagi yang memelihara perkutut daringan, ada baiknya mengecek keutuhan garis-garis pada bulunya.

2. Perkutut Urat

Perkutut urat memiliki bulu dada berwarna putih yang menjadi ciri khasnya. Burung ini dianggap memiliki kewibawaan tinggi dan dihormati oleh perkutut lainnya.


Salah satu mitos yang menarik adalah perkutut urat tidak perlu mencari makan sendiri, karena perkutut lain akan menyuapinya. 

Memelihara perkutut urat dipercaya bisa meningkatkan kewibawaan dan dihormati oleh banyak orang.

3. Perkutut Putih

Perkutut putih adalah jenis yang paling langka. Tubuhnya berwarna putih dengan mata dan paruh kemerahan. Karena kelangkaannya, harga burung ini sangat tinggi di pasaran. Mitos menyebutkan, pemilik perkutut putih akan hidup berkecukupan hingga burung ini mati. 

Selain itu, perkutut putih juga diyakini mampu menolak santet dan bermanfaat bagi kesehatan jika dikonsumsi, seperti melancarkan buang air besar dan peredaran darah.

4. Perkutut Hitam

Perkutut hitam sering dijuluki sebagai raja perkutut karena kerap dikaitkan dengan hal-hal gaib. Namun, keindahan burung ini tetap memikat. 


Mitosnya, memelihara perkutut hitam akan memancarkan aura keberuntungan bagi pemiliknya, sehingga kehidupannya akan dilimpahi keberuntungan.

5. Perkutut Songgo Ratu

Legenda menyebutkan bahwa Perkutut Songgo Ratu adalah jelmaan putra Raja Bali dari zaman Kerajaan Majapahit. Burung ini memiliki jambul putih seperti mahkota di kepalanya, dengan kaki dan paruh berwarna hitam serta bulu kehitaman yang indah. Burung ini sering ditemukan di tempat sepi seperti kuburan atau goa. 

Perkutut Songgo Ratu dipercaya bisa mendatangkan keberuntungan dan menolak ilmu hitam serta santet.

Itulah lima jenis perkutut langka yang dipercaya mampu mendatangkan rezeki. Selain keindahannya, burung-burung ini juga memiliki mitos yang menarik, mulai dari membawa keberuntungan hingga meningkatkan kewibawaan pemiliknya. 

Jika Anda tertarik memelihara perkutut, pastikan merawatnya dengan baik untuk mendapatkan manfaat-manfaat tersebut. [Benhil Online]
Previous Post Next Post

Contact Form