Toyota Jalin Kerja Sama dengan Suzuki Kembangkan Kendaraan Listrik Mini

 

Toyota
Sepertinya Toyota mengincar bagian yang lebih kecil dari kendaraan listrik (EV). Perusahaan yang dikenal dengan ambisi besarnya di pasar listrik ini mungkin akan memperkecil ukuran untuk proyek berikutnya.

Menurut laporan yang tidak bersumber dari Japan's Best Car, Toyota bekerja sama dengan Suzuki untuk mengembangkan kendaraan listrik mini.

Mengapa Suzuki? Raksasa mobil kecil ini menjual 1,31 juta unit pada tahun 2022, menurut JATO Dynamics. 

Jumlah tersebut merupakan basis pelanggan yang sangat besar yang ingin beralih ke mobil listrik. Khususnya, Suzuki mempratinjau mobil listrik pertamanya, konsep crossover eVX, pada Januari 2023, yang mengisyaratkan ambisi listriknya.

Baca juga: Ini Gambar Resmi Sedan Listrik Geely Galaxy E8 yang MunculJelang Peluncuran

Seperti dikutip dari Gizmochina, Toyota, pada akhirnya, bertujuan untuk memproduksi 1,5 juta kendaraan baterai-listrik (BEV) setiap tahun pada tahun 2026. Namun kali ini, alih-alih menjadi besar, mereka tampaknya berpikir kecil. 

Mobil listrik mini yang diusulkan dikabarkan akan menyerupai Toyota Aygo X dengan panjang 145 inci, yang laris manis di Eropa.

Kedua perusahaan telah menjalin kerja sama untuk sementara waktu. Tahun lalu, mereka mengumumkan peningkatan kemitraan yang sudah ada dalam pengembangan kendaraan listrik kompak. 

Baru-baru ini, pada bulan Mei 2023, mereka mengumumkan proyek bersama yang berfokus pada platform EV baru untuk van listrik mini.

Apa petunjuk untuk nama konsep kendaraan baru ini? Sebuah pengajuan ke USPTO minggu lalu mendaftarkan nama "FT-3e." Bagi mereka yang tahu, "FT" adalah singkatan dari Future Toyota. 

Baca juga: Mobil Listrik Konsep Baru dari Daihatsu

Mengingat sejarah Toyota yang menggunakan awalan ini untuk kendaraan konsep, mobil listrik mini ini mungkin saja merupakan masa depan yang sedang kita lihat.

Untuk menambahkan lebih banyak bahan bakar ke dalam api (atau mungkin lebih banyak elektron ke dalam baterai), Toyota telah mengetahui tentang beberapa dari 15 konsep mobil listrik yang dipamerkan pada bulan Desember lalu. Salah satunya secara mencolok diberi label "crossover listrik bZ kecil." 

Apakah ini merupakan pratinjau dari kolaborasi Toyota-Suzuki? Waktu yang akan menjawabnya. Nantikan saja di Japan Mobility Show yang akan berlangsung mulai 26 Oktober. [Benhil Online]

Previous Post Next Post

Contact Form