Profil Singkat Mahfud MD, Bacawapres Pendamping Ganjar Pranowo

Mahfud MD

Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan HAM (Menko Polhukam) Mahfud MD, dipilih sebagai bakal calon wakil presiden (bacawapres) yang akan mendampingi bacapres Ganjar Pranowo di Polres 2024.

Pengumuman Mahfud MD sebagai bacawapres disampaikan langsung oleh Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri didampingi tiga Ketum partai koalisi lainnya yang mendukung pasangan Ganjar-Mahfud.

"Saya telah untuk keputusan untuk Bangsa. Maka calon wakil presiden yang akan mendampingi Bapak Ganjar Pranowo adalah Bapak Prof. Dr. Mahfud MD," kata Megawati di Kantor DPP PDIP Jalan Diponegoro Jakarta Pusat, Rabu, 18 Oktober 2023.

Berikut profil singkat bacawapres Mahfud MD yang dirangkum media ini dari berbagai sumber.

Pemilik nama lengkap Mohammad Mahfud Mahmodin ini, lahir di Omben Kabupaten Sampang Pulau Madura Provinsi Jawa Timur pada 13 Mei 1957.

Mahfud MD merupakan anak dari pasangan Mahmodin dan Siti Khadijah. Ayahnya bekerja sebagai pegawai negeri sipil di daerah Omben, Sampang.

Baca juga: Megawati Umumkan Mahfud MD sebagai Bacawapres Pendamping Ganjar Pranowo

Mahfud menyesuaikan pendidikan SD nya di Madura, dan SMP dan bersekolah di Pendidikan Hakim Islam Negeri atau PHIN (setara SMA) di Yogyakarta.

Ia kemudian melanjutkan pendidikan tingginya di Universitas Gajah Mada (UGM) di Yogyakarta jurusan Satra Arab dan Universitas Islam Indonesia (UII) jurusan Hukum Tata Negara dan lulus pada tahun 1983.

Setelah mendapatkan gelar sarjana, ia kemudian mengajar di almamaternya dan meneruskan kuliah program Pasca Sarjana S-2 bidang Ilmu Politik di UGM.

Mahfud lalu pendidikan Doktor S-3, di bidang Ilmu Hukum Tata Negara pada program Pasca Sarjana UGM, dan lulus tahun 1993.

Dan dinobatkan menjadi Guru Besar bidang Politik Hukum pada tahun 2000 di usia 43 tahun di Universitas Islam Indonesia.

Suami dari Hj. Zaizatoen Nihajati ini pernah menjabat Plt. Staf Ahli dan Deputi Menteri Negara Urusan HAM (1999–2000), Menteri Pertahanan (Menhan) Republik Indonesia, kemudian Menteri Kehakiman (2000–2001), Anggota DPR RI, menempati Komisi III dan Wakil Ketua Badan Legislatif (2004–2008).

Baca juga: Adian Napitupulu Posting Foto Ganjar Mahfud Capres Cawapres 2024, Begini Komentar Netizen

Ayah dari tiga orang anak ini juga pernah menjabat sebagai Anggota Tim Konsultan Ahli pada Badan Pembinaan Hukum Nasional (BPHN) Depkum HAM RI (sekarang), Ketua Mahkamah Konstitusi Republik Indonesia (2008–2013), Anggota Dewan Pengarah Unit Kerja Presiden Pembinaan Ideologi Pancasila (2017–2018), Menkopolhukam (2019–sekarang).

Dan pada Rabu 18 Oktober 2023, Mahfud diumumkan menjadi bacawapres yang akan berpasangan dengan bacapres Ganjar Pranowo di Polres 2024. [Benhil Online]

Previous Post Next Post

Contact Form