Meta Pertimbangkan Instagram dan Facebook Versi Bebas Iklan

Meta

Meta, perusahaan induk Instagram dan Facebook, dilaporkan sedang mempertimbangkan untuk menawarkan versi bebas iklan dari platform media sosialnya di Eropa, menurut laporan dari The Wall Street Journal. 

Langkah ini dilakukan sebagai tanggapan atas peraturan privasi Uni Eropa yang baru yang mengharuskan Meta untuk mendapatkan persetujuan pengguna sebelum menampilkan iklan bertarget kepada mereka.

Meminta persetujuan dari pengguna dapat merugikan keuntungan perusahaan karena sebagian besar pengguna tidak mungkin dengan sukarela membagikan data mereka. 

Hal ini dapat mengurangi pendapatan iklan Meta, yang merupakan sumber pendapatan utamanya.

Baca juga: TikTok Uji Coba Layanan Berlangganan Bulanan Bebas Iklan di Amerika Serikat

Untuk mengatasi hal ini, dikutip dari Gizmochina, Meta mempertimbangkan untuk mengenakan biaya bulanan kepada pengguna untuk menghapus iklan dari feed media sosial mereka. 

Di bawah rencana yang diusulkan, pengguna di Eropa harus membayar biaya bulanan untuk menghapus iklan dari Instagram dan Facebook mereka. Ini akan menjadi pertama kalinya Meta akan menagih pengguna untuk akses ke layanan intinya.

Paket langganan bebas iklan ini diperkirakan akan dikenakan biaya sekitar EUR 13 per bulan pada perangkat seluler dan EUR 10 per bulan pada browser web. Pengguna juga harus membayar EUR 6 tambahan untuk setiap akun tambahan.

Tidak jelas kapan paket langganan bebas iklan akan diluncurkan di Eropa, dan apakah akan ditawarkan di wilayah lain di masa depan. 

Namun, Meta dikatakan sedang berdiskusi dengan pengawas privasi di Belgia dan Irlandia tentang rencana tersebut. Perusahaan ini dilaporkan telah menamainya "berlangganan tanpa iklan," atau SNA, dan mungkin akan mulai diluncurkan dalam beberapa bulan mendatang.

Baca juga: Meta Mulai Kenakan Biaya untuk Pengguna Tanda Centang Biru di Facebook dan Instagram

Model bisnis Meta saat ini bergantung pada iklan bertarget, yang didasarkan pada data pengguna. Namun, peraturan privasi baru di Uni Eropa akan mempersulit perusahaan untuk mengumpulkan dan menggunakan data pengguna untuk tujuan periklanan.

Paket langganan bebas iklan adalah salah satu cara agar Meta dapat terus menghasilkan pendapatan dari platform media sosialnya di Eropa, sekaligus mematuhi peraturan privasi yang baru. [Benhil Online]

Previous Post Next Post

Contact Form