Mahathir Sebut Ustaz Bikin Bodoh Pancing Komen Netizen Tanah Air

Mahathir

Mantan Perdana Menteri (PM) Malaysia Dr Mahathir Mohamad menyatakan orang melayu bodoh karena ustaz. Pernyataan itu memancing komentar netizen Tanah Air.

Negarawan yang dijuluki Little Soekarno itu menyampaikan hal itu saat acara diskusi bertajuk Perpaduan di Channel Inspirasi tanggal 13 September 2023. Dia menyatakan dengan nada kesal kalau para ustaz bikin orang melayu terbelakang dan bodoh. 

"Karena menentang kemajuan," ucap Mahathir pada acara diskusi yang mengulas perkembangan orang melayu di Malaysia itu.

Baca Juga: Mohammed bin Salman Sebut Tokoh Wahabi Bukan Nabi, Netizen: Mereka Buang

Negarawan Ini Sebut Pegawai Negeri Itu Kerja Pemalas dan Mudah

Melalui ceramah para ustaz, menurut Mahathir, buat orang melayu bodoh dengan cara berpikir yang dibuat sibuk memikirkan akhirat.

"[Memikirkan akhirat membuat] malas berusaha untuk raih hidup lebih baik," ujar politisi berusia 98 tahun itu.

Lebih lanjut, Mahathir menyatakan para ustaz itu sebenarnya orang gagal yang tidak bisa bekerja, selain ceramah. Mereka juga tidak mampu menjalankan bisnis atau berdagang.

"Ustaz selalu ingatkan kematian dan akhirat. Dia tak dorong orang untuk perbaiki hidup di dunia. Orang melayu jadi malas dan bodoh dibuat ustaz," ujar bapak 5 anak itu.

Baca Juga: Negarawan Berjuluk Little Soekarno Ini Sebut Ustaz Bikin Bodoh

Mahathir mencontohkan, orang Melayu selalu ingin jadi pegawai pemerintah yang merupakan pekerjaan mudah. 

"Ini pekerjaan mudah. Dia malas, gaji datang tiap bulan tanpa susah payah. Beda dengan orang bukan melayu [etnis lain di Malaysia]. Mereka pilih jadi pedagang atau bisnis perniagaan. Mereka bisa sangat maju. Banyak dari mereka jadi jutawan," ucap politisi Partai Bumiputra Perkasa Malaysia itu.

Mental Merosot

Atas kondisi itu, Mahathir Mohamad menilai mental orang melayu semakin merosot.

"Saya lihat banyak orang melayu tak lagi pakai kopiah hitam. Tapi pakai kopiah putih. Apa karena ingin disebut lebih sholeh?" ujarnya.

Memikirkan soal akhirat terus menerus, menurut Mahathir, terbukti membuat orang melayu bodoh. Hal itu menjadi tanggung jawab para ustaz.

"Kita justru dilemahkan dengan cara pikir ustaz. Kita kalah bersaing kuasai dunia," Ujarnya.

Terbuka dan Tercerahkan

Pernyataan Mantan PM Malaysia itu memancing komentar netizen negara tetangga, Indonesia. Berikut ini netizen Tanah Air yang setuju dengan pernyataan Mahathir.

'Mahathir terbuka dan tercerahkan dari dogma,' tulis seorang netizen.

'Kalo ngomong suka bener,' tulis yang lain.

'Itulah kenyataannya,' yang lain menambahkan. [Benhil]


Surga Tropis

Tropics Paradise is a collection of writings and papers presented at, from, and to the tropics. Actually, the tropics is a place that comfortable, warm, and affluent. But the situation goes undermined by the real interests that not coming from the tropics itself, such as politics, ideology, lifestyle, and others. So for that matters, Tropical Paradise wants to restore a beautiful sense of the area.

Previous Post Next Post

Contact Form