Tahun 2023, Kawasaki Motors Merayakan 70 Tahun Produksi Sepeda Motor

Kawasaki




Tahukah Anda bahwa Kawasaki Motors akan merayakan tonggak sejarah penting pada tahun 2023? Pada bulan September, Tim Hijau akan secara resmi menandai 70 tahun memproduksi sepeda motor untuk dikendarai di seluruh dunia. 

Semuanya dimulai pada tahun 1953, ketika Kawasaki Machine Works pertama kali mulai memproduksi mesin sepeda motor tak lama setelah berakhirnya Perang Dunia II.

Jika Anda berada di Amerika Serikat atau Jepang, Kawasaki akan mengadakan pameran perayaan khusus di kedua negara tersebut mulai September 2023.

Di AS, pameran ini akan diselenggarakan di Kawasaki USA Heritage Hall di Foothill Ranch, California. Bagi mereka yang berada di Jepang, pameran akan berlangsung di Kawasaki Good Times World di Kobe.  

Dikutip dari Rideapart, Amerika Serikat merupakan pasar luar negeri yang sangat penting bagi Kawasaki, dan pameran pertama ini akan berkonsentrasi pada sejarah sepeda motor Kawasaki di pasar Amerika Serikat.

Baca juga: Diluncurkan Pada Agustus 2023, Ini Harga dan Spesifikasi Suzuki V-Strom 250SX

Semuanya dimulai pada tahun 1953, dengan peluncuran mesin sepeda motor KE-1 satu silinder. Saat itu merupakan masa-masa yang penuh tantangan, dan penjualan tidak mencapai tingkat kesuksesan yang diharapkan oleh Kawasaki pada tahun-tahun awal.

Akhirnya, pada tahun 1966, Kawasaki di Jepang memutuskan untuk mencoba sesuatu yang baru. Di bawah pengawasan Yoji Hamawaki, Kawasaki mendirikan anak perusahaannya, American Kawasaki Motors. 

Mereka hanya merekrut 10 karyawan untuk memulai operasi anak perusahaan tersebut. Hamawaki, pada gilirannya, menjadi presiden pertama American Kawasaki.

Menyadari betapa berbedanya pasar yang ada di AS, operasi Hamawaki berkonsentrasi pada kebijakan 'lokalisme', yang mengarah pada pengembangan model sepeda motor yang berfokus pada AS, termasuk A1 Samurai 250, H1 500 Mach III, dan tentu saja Z1 900 yang ikonik.

Pada tahun 1974, Kawasaki membangun pabrik di Lincoln, Nebraska yang masih berdiri hingga tahun 2023. Pabrik ini mencatatkan sejarah sebagai pabrik pertama untuk semua jenis kendaraan (sepeda motor atau mobil) yang dibangun oleh pabrikan Jepang di AS.

Saat ini, pabrik ini memproduksi Jet Ski Kawasaki, serta kendaraan roda dua-bukan sepeda motor. Namun, pabrik ini merupakan bagian yang sangat penting dalam sejarah sepeda motor Kawasaki dan Amerika.

Baca juga: Kolaborasi Skuter Vespa Mickey Mouse Rayakan Satu Abad Disney Tahun 2023

Karena sepeda motor telah ada selama lebih dari satu abad, kita tahu betul bahwa banyak produsen sepeda motor yang tidak dapat menghadiri perayaan ulang tahun ke-70 mereka. Banyak perusahaan muda yang optimis telah memiliki semua keyakinan di dunia, mencoba, dan kemudian sayangnya gagal selama bertahun-tahun.

Diharapkan Kawasaki terus mengembangkan teknologinya di abad ke-21 ini. Integrasi teknologi baru, seperti proyek listrik dan hidrogen yang akan datang dari Team Green, akan menarik untuk disimak. [Benhil Online]

Previous Post Next Post

Contact Form