Sepeda Motor Listrik Royal Enfield Akan Hadir di Tahun 2025



Royal Enfield, Eicher Motors





Perusahaan induk Royal Enfield, Eicher Motors pada 3 Agustus 2023 lalu merilis laporan keuangan Q1 FY2023-2024, untuk kuartal yang berlangsung dari bulan April hingga Juni 2023. 

Eicher melaporkan pendapatan kuartalan tertinggi yang pernah ada, dimana sebagian besar disebabkan oleh penjualan sepeda motor Royal Enfield yang laku keras.

Secara keseluruhan, Enfield mencatat penjualan 225.368 sepeda motor selama kuartal tersebut, yang mewakili peningkatan 21,1 persen dari tahun ke tahun dibandingkan 186.032 sepeda motor yang terjual pada tahun 2022.

Meskipun ini merupakan kabar baik bagi Enfield dan Eicher, laporan keuangan triwulanan inilah yang mendorong direktur pelaksana Royal Enfield, Siddhartha Lal, untuk berbicara di depan media setelah laporan keuangan tersebut dirilis, di mana ia membuat pengumuman penting tentang proyek kendaraan listrik Enfield.

Bagi produsen sepeda motor yang secara tradisional membuat sepeda motor pembakaran, dan memilih untuk mengejar elektrifikasi, ada beberapa keputusan yang harus diambil.

Dari langkah yang diambil oleh pabrikan termasuk Bajaj, TVS, dan Harley-Davidson, salah satu keputusan utama tampaknya adalah apakah sisi EV harus ditetapkan sebagai entitas terpisah dari sisi pembakaran.

Baca juga: Honda Pamerkan CBR600RR Terbaru di Balapan Suzuka 8 Hours 2023

Hal inilah yang dipilih Lal untuk dibahas, mengenai bagaimana Royal Enfield bermaksud untuk melanjutkannya.

"EV adalah inti dari Eicher Motors dan Royal Enfield. Kecuali ada sesuatu yang berubah secara dramatis, itu akan tetap menjadi bagian dari Royal Enfield dan Eicher Motors," kata Lal dikutip dari Rideapart.

"Kami menjajaki semua opsi, dengan melihat apa yang dilakukan orang lain, tapi kami bukan pengikut tren. Kita juga harus memikirkan bisnis inti - apakah ini bisnis yang akan segera berakhir? EV akan menjadi mesin pertumbuhan masa depan untuk Eicher Motors dan Royal Enfield, dan akan tetap berada di dalam Eicher Motors - tidak ada tindakan atau usaha untuk mengubahnya sama sekali," lanjut Lal.

Namun, bukan itu saja yang ia katakan tentang pengembangan sepeda motor listrik pertama Enfield. 

"Kami masih memiliki waktu sekitar dua tahun lagi sebelum produk ini diluncurkan ke pasar. Kami bekerja sangat keras untuk itu. Kami mengendarai prototipe. Kami masih punya waktu. Kami tidak ingin memberikan produk yang setengah-setengah di pasar, ide kami adalah untuk benar-benar mengganggu. Ini bukan tentang menghadapi kompetisi secara langsung.

Kami sedang mengerjakan paradigma yang sama sekali berbeda tentang mobil listrik. Butuh waktu untuk menyusun sesuatu yang benar-benar fantastis," katanya.

Menurut jadwal tersebut, kita akan melihat sepeda motor listrik pertama Royal Enfield muncul pada tahun 2025. Detailnya belum dipublikasikan pada tahap awal pengembangan ini, tetapi perlu diingat bahwa perusahaan induk Enfield, Eicher Motors, telah membeli saham ekuitas di perusahaan rintisan sepeda motor listrik asal Spanyol, Stark Future, pada akhir tahun 2022.

Baca juga: Skutik Baru Mash Belena Tampil Memukau dengan Gaya dan Harga Terjangkau

Itulah perusahaan yang bertanggung jawab atas sepeda motor listrik Stark Varg yang membuat banyak orang terpesona saat pertama kali dijual pada Januari 2022. Saat diluncurkan, motor ini berhasil terjual sebanyak 1.000 unit hanya dalam waktu 24 jam.

Mungkinkah beberapa pengembangan powertrain Stark Future, pembuatan sasis, atau detail lainnya menjadi bagian dari masa depan listrik Enfield? Sepertinya mungkin saja, bahkan hampir pasti-tetapi seperti yang kami katakan, belum ada rincian resmi yang dirilis saat ini. Seperti biasa, kita harus menunggu dan melihat bagaimana cerita ini berkembang, tetapi kami berharap dapat belajar dan berbagi apa yang akan terjadi. [Benhil Online]

Previous Post Next Post

Contact Form