Parade Foto Bajingan Tolol Diucapkan Rocky Gerung ke Jokowi

Rocky Gerung

Akademisi dan Pengamat Politik Rocky Gerung sedang kesandung masalah terkait ucapan 'bajingan tolol' yang diarahkan pada Presiden RI Joko Widodo (Jokowi).

Saat ini kata bajingan (apalagi ditambah kata tolol) merupakan umpatan kasar yang berlaku pada masyarakat Indonesia. Namun sebenarnya kata itu mengacu pada sebuah profesi yang digeluti beberapa warga pinggiran hingga awal tahun 1980'an.

Bajingan adalah profesi bagi seseorang yang pekerjaannya mengendalikan gerobak sapi. Selain di beberapa pinggiran kota, profesi bajingan dulu juga banyak digeluti mereka yang tinggal di daerah Yogyakarta dan sekitarnya.

Kalah dengan Bis

Angkutan gerobak sapi yang biasa mengangkut hasil tani dan juga orang itu lambat laun berkurang dan menghilang dengan adanya angkutan mesin bertenaga bahan bakar yang lebih cepat dan ekonomis, seperti bis dan truck.  

Banyak yang beranggapan kalau asal mula kata itu menjadi umpatan karena jenis angkutan ini bergerak sangat lambat sehingga memperlambat aktivitas orang lain. Orang yang perjalanannya terganggu dengan adanya gerobak itu kemudian mengumpat 'bajingan'.

Berikut ini parade foto bajingan (tanpa kata tolol) yang dikumpulkan Benhil dari beberapa sumber, yaitu: 

1. Bajingan ditarik dengan Sapi Jantan

Bahingan Sapi Jantan

2. Gerobak sapi bajingan dan motor

Gerobak Sapi Bajingan dan Mobil

3. Gerobak sapi bajingan dan mobil 

Gerobak Sapi Bajingan dan Mobil

4. Gerobak sapi bajingan jaman kolonial

Gerobak Sapi Bajingan Jaman Kolonial

5. Lukisan gerobak sapi bajingan

Lukisan Gerobak Sapi Bajingan

[Benhil]

Surga Tropis

Tropics Paradise is a collection of writings and papers presented at, from, and to the tropics. Actually, the tropics is a place that comfortable, warm, and affluent. But the situation goes undermined by the real interests that not coming from the tropics itself, such as politics, ideology, lifestyle, and others. So for that matters, Tropical Paradise wants to restore a beautiful sense of the area.

Previous Post Next Post

Contact Form