Bocoran Spesifikasi Suzuki V-Strom 800DE yang Akan Diluncurkan Pada Oktober 2023

Suzuki V-Strom



Suzuki sering dikritik karena berpuas diri dalam hal inovasi. Memang, merek ini telah menggunakan teknologi yang telah berusia lebih dari satu dekade pada banyak modelnya. Bahkan saat ini, motor seperti GSX-S1000 masih menggunakan versi modern dari mesin GSX-R1000 tahun 2005. 

Model seperti SV650 telah mengikuti formula yang hampir sama sejak mereka memulai debutnya sebelum pergantian milenium.

Meski demikian, Suzuki baru-baru ini memukau dunia dengan peluncuran jajaran motor kelas menengahnya. Sepertinya mereka telah membangun kekuatan selama beberapa tahun, seperti halnya GSX-8S dan V-Strom 800DE, Suzuki tampaknya telah menemukan kembali dirinya sendiri. 

Dikutip dari Rideapart, di pasar Amerika Serikat dan Eropa, GSX-8S telah membuktikan diri sebagai pemain yang tangguh di segmen motor naked kelas menengah. 

Sementara itu, V-Strom berharap untuk membawa permainannya yang terbaik untuk melawan Yamaha Tenere 700.

Baca juga: Honda Forza 750 Akan Hadir dengan Warna Baru di Tahun 2024

Berbicara tentang V-Strom baru, motor ini diperkirakan akan hadir di India, karena baru-baru ini terlihat sedang diuji coba di negara tersebut.

Memang, beberapa sumber dari wilayah tersebut menyatakan bahwa motor petualangan kelas menengah yang mampu melewati medan off-road ini dijadwalkan untuk memasuki pasar pada bulan Oktober 2023. 

Selain itu, dealer Suzuki juga dilaporkan telah menghentikan pengiriman V-Strom 650XT, model lain yang dibangun di atas platform yang sudah berusia puluhan tahun.

Meskipun dealer Suzuki di India belum membuka pemesanan untuk model baru ini, jelas bahwa ada pasar untuk motor petualang sekaliber ini di negara Asia. Sebagai contoh, model-model seperti BMW F 850 GS dan Triumph Tiger 900 Rally sangat populer di kalangan penggemar off-road dan petualangan. 

Yang terbaik dari semuanya, Suzuki diperkirakan akan dirakit di India, yang tentunya akan menurunkan pajak, yang berarti harga jual yang lebih terjangkau.

Dari sisi performa, V-Strom 800DE ditenagai oleh mesin 776cc, berpendingin cairan, injeksi bahan bakar, paralel-twin dengan poros engkol 270 derajat. Mesin ini memompa keluar 83 tenaga kuda yang mengesankan dan torsi 53 pound-feet. 

Baca juga: Honda Akan Perkenalkan Sepeda Motor Listrik di Pasar Asia Tenggara

Tenaga dikirim ke roda belakang melalui gearbox manual enam percepatan. Untuk fitur teknologi, Suzuki telah memberikan banyak fasilitas modern seperti pemindah gigi cepat dua arah, kontrol traksi, dan beberapa mode berkendara. Motor ini juga dilengkapi dengan layar TFT penuh warna yang memberikan banyak informasi bagi pengendara.

Sedangkan untuk bagian kaki-kaki motor ini, kini menggunakan roda depan 21 inci dan roda belakang 17 inci, berbeda dengan pendahulunya yang menggunakan 19-17. 

Selain itu, motor ini mendapatkan suspensi Showa di bagian depan dan belakang, yang dilengkapi dengan serangkaian penyesuaian yang menambah ketajaman off-road secara keseluruhan. 

Motor ini memberikan jarak bebas ke tanah 220 milimeter, dan ketinggian jok yang cukup tinggi yaitu 855 milimeter. [Benhil Online]

Previous Post Next Post

Contact Form