Ingin Bahagia, Jangan Lakukan 12 Hal Ini, Termasuk Abaikan Hobi

Bahagia

Kata orang bijak, kebahagiaan itu bukan dicari tapi diciptakan. Ungkapan itu ada benarnya.

Nyatanya, kita bisa menjadi bahagia dengan menghindari beberapa perbuatan atau kebiasaan yang mengganggu suasana hati kita.

Dilansir dari media Hack Spirit, berikut ini 12 perbuatan atau kebiasaan yang perlu kita hindari jika ingin bahagia, yaitu;

1. Berpikiran negatif

Perbuatan pertama yang perlu dihindari agar merasakan kebahagiaan adalah berpikiran negatif. Jika Anda terus-menerus berpikir seperti itu hanya membawa Anda pada pandangan hidup yang pesimistis.

Untuk menemukan kebahagiaan, Anda perlu fokus pada hal positif dan menjadi lebih optimis. Salah satu caranya adalah dengan mengingatkan diri sendiri tentang pencapaian Anda. 

Cukup tulis apa yang Anda syukuri atau apa yang membuat Anda khawatir dan fokuslah pada solusi dan bukan masalah.

2. Selalu membandingkan diri dengan orang lain

Hal lain yang harus dilakukan adalah membandingkan diri Anda dengan orang lain karena itu menyebabkan perasaan tidak mampu dan iri hati. Daripada melihat yang dilakukan atau dimiliki orang lain, fokuslah pada kemajuan Anda sendiri, tetapkan tujuan pribadi, dan merayakan pencapaian Anda. 

3. Minta persetujuan dari orang lain

Selalu meminta persetujuan dari orang lain akan membuat tidak aman dan tidak pasti. Yang perlu kita lakukan adalah belajar mempercayai diri sendiri dan membuat pilihan berdasarkan nilai dan prinsip kita.

4. Menyimpan dendam

Menyimpan dendam bisa melelahkan secara emosional dan berbahaya untuk setiap hubungan, bukan hanya jalinan asmara. Anda perlu memaafkan untuk melepaskan diri dari beban kebencian dan mendorong hubungan yang lebih sehat. 

Belajarlah dari pengalaman masa lalu, tetapi tetap fokus pada saat ini.

5. Takut gagal

Ketakutan akan kegagalan akan menghambat eksistensi dan aktualisasi diri yang menjauhkan dari kemampuan mengambil risiko dan mengejar impian. Bagaimana kita bisa tumbuh dan menjadi lebih baik dalam berbagai hal jika kita tidak mau keluar dari zona nyaman?

6. Tidak mau berubah

Poin ke-5 itu hampir sama dengan tidak mau berubah. Perubahan itu bagian alami dari kehidupan dan menghindarinya dapat menghambat pertumbuhan dan ketahanan pribadi.

7. Terlalu serius

Kadang-kadang kita memang perlu bersikap serius dalam kehidupan ini. Tapi selalu bersikap terlalu serius menyebabkan kita melewatkan saat-saat menyenangkan dan kegembiraan.

Khawatir berlebihan tentang hal-hal yang tidak bisa dikendalikan juga bisa menyebabkan stres. Jadi fokuslah pada apa yang bisa Anda kontrol dan lepaskan apa yang tidak dapat Anda lakukan.

8. Mengabaikan kesenangan Anda

Mengabaikan hasrat dan hobi akan membuat Anda menjadi kurang puas dan kesal. Padahal kita semua memiliki jam yang sama dalam sehari, seminggu, atau setahun. Dan jika miliarder yang menjalankan 10 perusahaan memiliki waktu untuk berselancar media sosial atau melakukan hobinya, maka kita juga dapat melakukan hal yang sama (dalam takaran yang lebih kecil) beberapa jam setiap minggu.

Pikirkan tentang itu sejenak dan pastikan Anda meluangkan waktu untuk aktivitas yang benar-benar membuat Anda gembira.

9) Terus-menerus mencari kesenangan

Tidak ada rasa puas apabila Anda terus menerus mencari kesenangan. Maka Anda perlu belajar menghargai dan menemukan kegembiraan dalam aspek kehidupan yang biasa dan sederhana.

Salah satu contoh menghargai hal sederhana adalah meluangkan lebih banyak waktu untuk merencanakan suatu hal yang menyenangkan. Ternyata merencanakan perjalanan dapat memberi Anda lebih banyak kesenangan daripada melakukan perjalanan itu sendiri.

10. Mengumpulkan harta benda

Selalu mengumpulkan harta benda sepanjang waktu agar bisa bahagia bisa menyebabkan siklus keinginan yang tidak pernah berakhir. Selain itu, juga menyebabkan kita bergantung pada hutang.

Sebaliknya, temukan kegembiraan dalam pengalaman dan hubungan yang bermakna dengan orang lain. Atur dan rapikan lingkungan Anda untuk menciptakan rasa tenang dan tingkatkan pola pikir yang lebih positif.

Orang yang paling bahagia tidak peduli dengan harta benda.

11. Kecanduan kebiasaan tidak sehat

Kebiasaan tidak sehat akan berdampak negatif pada kesehatan. Contohnya adalah suka mabuk dan mengonsumsi makanan tidak sehat, 

Gaya hidup seimbang dan sehat akan mendukung kebahagiaan. Jadi Anda perlu mengurangi secara bertahap atau menghilangkan kebiasaan tidak sehat dan menggantinya dengan aktivitas positif seperti olahraga, jalan-jalan, dan lain-lain.

12. Bergosip

Bergosip itu tidak sopan, tidak adil bagi orang lain, dan bisa merusak hubungan. Namun kita semua melakukannya. 

Kenapa? Karena ketika kita membicarakan orang lain akan menciptakan rasa persahabatan dan ikatan sosial di antara orang-orang. Berbagi informasi tentang orang lain juga meningkatkan rasa kedekatan dan koneksi dalam kelompok. Beberapa orang juga merasakan peningkatan harga diri mereka dengan membandingkan diri mereka secara positif dengan orang yang mereka gosipkan.

Selain itu, bergosip topik positif akan membangkitkan semangat dan meningkatkan hubungan yang lebih kuat serta menjadikan kita lebih perduli pada orang lain.

Ke-12 hal itu bisa langsung Anda hindari agar hidup lebih menyenangkan. Jangan lupa bahagia. [Benhil]


Surga Tropis

Tropics Paradise is a collection of writings and papers presented at, from, and to the tropics. Actually, the tropics is a place that comfortable, warm, and affluent. But the situation goes undermined by the real interests that not coming from the tropics itself, such as politics, ideology, lifestyle, and others. So for that matters, Tropical Paradise wants to restore a beautiful sense of the area.

Previous Post Next Post

Contact Form